Konfigurasi UserData Pada EC2 AWS

By | Februari 11, 2020

Assalamu’alaikum, pada postingan kali ini TechnoBoard , akan membahas tentang bagaimana Konfigurasi UserData Pada EC2 AWS. Sebelum ke konfigurasi penulis akan sedikit membahas tentang UserData itu sendiri.

Pada umumnya jika kita akan menginstall sebuah layanan pada EC2, maka kita akan me-remote server kita, lalu manual install layanan tersebut.

Misalnya saya memiliki 1 server, kemudian saya ingin memiliki layanan web server, maka saya harus install manual aplikasi web server. Hal tersebut merupakan cara yang umum untuk menginstall sebuah layanan pada server. Sekarang AWS, menyediakan fitur UserData Pada EC2, apa itu UserData??

UserData merupakan sebuah fiur pada AWS, yang berfungsi untuk menjalankan perintah secara otomatis setelah instance/virtual machine dibuat.

Hal ini bisa kita manfaatkan untuk menginstall layanan. sehingga ketika instance kita sudah selesai dibuat, layanan yang kita mau sudah terinstall di dalamnya. tentunya dengan fitur ini kita tidak perlu repot untuk menginstall aplikasi secara manual.

Konfigurasi UserData Pada EC2 AWS

  • Pertama, buka menu service lalu pilih EC2, kemudian klik launch instance untuk membuat instance baru.
  • Kemudian, pada bagian ini, admin pilih amazon linux 2/ centos, klik select.
Konfigurasi UserData Pada EC2 AWS
  • Lalu, pilih spesifikasi instance yang akan dibuat, disini admin menggunakan t2.micro agar tidak perlu membayar. karena t2.micro ini masih dalam free tier AWS.
Konfigurasi UserData Pada EC2 AWS
  • Pada bagian instance details, silahkan scroll kebawah, lalu ada User Data, pada user data ini silahkan masukan perintah pada gambar di bawah ini, yang berfungsi untuk menginstall aplikasi apache.
  • Pada bagian storage, admin biarkan default saja.
Konfigurasi UserData Pada EC2 AWS
  • Selanjutnya pada bagian tag. tambahkan name lalu isilah valuenya dengan nama instance yang akan dibuat.
Konfigurasi UserData Pada EC2 AWS
  • Pada bagian security group, admin akan menggunakan existing security group, karena sebelumnya sudah pernah membuatnya. Jika teman-teman belum pernah membuatnya bisa pilih create a new security group.
  • Pada bagian keypair, silahkan pilih keypair yang sudah pernah dibuat, atau jika teman-teman belum membuat nya bisa pilih create a new keypair. Terakhir klik launch, untuk membuat instance.

Untuk pemabahasan mengenai keypair dan security group, dapat dilihat pada postingan ini .

  • Terlihat pada gambar di bawah ini, instance yang tadi saya buat telah running.
  • Sekarang, cobalah akses ip public instance yang tadi telah dibuat pada browser. Seharusnya, akan muncul tampilan web default dari apache, yang menandakan bahwa konfigurasi userdata yang tadi kita masukan sudah benar dan berhasil.

Sekian postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Jika ada pertanyaan, dapat disampaikan di kolom komentar. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *