Pengenalan Teknologi Kubernetes Beserta Komponennya

By | Mei 2, 2020

Assalamu’alaikum, pada postingan kali ini technoboard akan membahas tentang Pengenalan Teknologi Kubernetes Beserta Komponennya. Pertama kita akan bahas terlebih dahulu, apa itu kubernetes? dan Apa manfaat dari penggunaan kubernetes ini.Tapi jika teman-teman belum mengetahui tentang teknologi container, bisa dilihat pada postingan ini

Apa Itu Kubernetes?

Kubernetes merupakan sebuah open source container orchestration platform yang digunakan untuk management aplikasi berbasis kontainer pada beberapa server sekaligus. Seperti deployment, scaling dan yang lainnya.

Dengan kata lain, misal kita memiliki 3 server, yang dimana setiap server sudah terinstall container engine, seperti docker. Dengan kubernetes, kita kita dapat memanage 3 server tadi dengan cepat, mudah serta otomatis. secara terpusat, tanpa harus menghubungkan ke setiap server satu persatu. Tentunya dengan hal ini, akan sangat menguntungkan bagi kita semua.

Untuk container orchestration sendiri, sebetulnya tidak hanya kubernetes, masih ada aplikasi lainnya, seperti docker swarm dan openshift. Lalu apa perbedaan dari kubernetes dan yang lainnya.

Disini admin akan membandingkan kubernetes dengan docker swarm dan openshift. Pertama, kubernetes bersifat opensource berbeda dengan openshift yang dibuat oleh redhat dan memiliki license/berbayar. Lalu kubernetes sendiri support banyak container engine, tidak hanya docker. Berbeda dengan docker swarm, yang hanya support docker.

Untuk lebih jelas mengenai kubernetes ini, admin akan menjelaskan juga mengenai setiap komponen dari kubernetes.

Komponen Kubernetes

Pengenalan Teknologi Kubernetes Beserta Komponennya

Pada gambar di atas, merupakan komponen komponen dari kubernetes. Pada kubernetes ada 2 jenis node atau server. Yang pertama adalah node master yang disebelah kemudian node worker yang disebelah kanan. Kedua node tersebut tergabung dalam sebuah group atau yang dikenal dengan kubernetes cluster.

Berikut adalah penjelasan komponen dasar dari masing-masing node. Dan untuk penjelasan lengkapnya, akan dibuat pada postingan yang khusus membahas dari setiap komponen kubernetes.

Komponen Node Master

  • Kube-Controller Manager/Cloud Controller Manager

Komponen Kube-Controller Manager, terdapat beberapa sub controller, yaitu node controller, replication controller, deployment controller, replica set dan yang lainnya. Fungsi utama dari kube controller manager adalah untuk monitoring node worker, management deployment dan scaling application.

  • Kube-Api-Server

komponen ini berfungsi sebagai jembatan antara semua komponen kubernetes cluster serta menjadi media untuk komunikasi dari node master ke node worker dan sebaliknya. Artinya kube api server ini merupakan otak dari kubernetes.

  • Etcd

Fungsi utama dari Etcd adalah sebuah database yang menyimpan informasi dalam bentuk key-value format. Informasi disini adalah mengenai Kubernetes Cluster, entah itu nama container, nama POD dan yang lainnya.

  • Kube-Scheduller

Scheduller bertugas untuk mengidentifikasi dan mengatur sebuah aplikasi akan dijalankan di node worker mana, dengan tujuan aplikasi tersebut bisa berjalan dengan normal dan lancar.

Komponen Node Worker

  • Kubelet

kubelet merupakan sebuah agent yang berjalan pada semua kubernetes node. Kubelet bertugas untuk menjalankan instruksi yang dikirim oleh node worker, seperti membuat container, membuat pod dan yang lainnya. Selain itu, kubelet juga bertugas untuk monitoring terhadap node worker dan memastikan bahwa aplikasi yang dibuat berjalan. Hasil monitoring tersebut akan dikirim ke node master.

  • POD

POD merupakan sebuah wadah yang didalamnya berisi kontainer dari aplikasi yang kita buat.

  • Kube-Proxy

Kube Proxy merupakan komponen yang berperan untuk komunikasi antar service/aplikasi pada kubernetes. bisa dibilang kube proxy ini seperti network internalnya dari kubernetes.

Sekian postingan Pengenalan Teknologi Kubernetes Beserta Komponennya, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai setiap komponen kubernetes, akan dijelaskan pada postingan berikutnya. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan pada kolom komentar. Terima kasih.

Sumber: https://kubernetes.io

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *