Tutorial Percabangan Python If, Elif dan Else – 05

By | Oktober 10, 2020

Tutorial Python Percabangan ~ Pada kesempatan kali ini, technoboard akan membahas tentang Tutorial Python Percabangan. Percabangan ini digunakan untuk membuat sebuah keputusan berdasarkan kondisi tertentu. Misalnya jika nilai <= 70 maka siswa harus remedial. Kondisi seperti inilah yang membutuhkan percabangan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut

Judul

Percabangan pada python menggunakan perintah if, elif dan else. Berikut adalah struktur dari perintahnya.

#Struktur Perintah IF, ELIF dan ELSE
if <kondisi>:
	statement
 
elif <kondisi>:
	statement
 
else:
	statement

Struktur dari perintahnya cukup mudah, diawali dengan perintah IF/ELIF lalu definisikan kondisi yang kita butuhkan dan terakhir masukan statement yang kita mau. Maksud dari statement disini adalah, aksi yang akan dilakukan ketika suatu kondisi sudah terpenuhi.

Kemudian ada yang sedikit berbeda, yaitu pada bagian perintah else. Kenapa else tidak memiliki parameter untuk kondisi? perintah else digunakan sebagai kondisi default. Maksudnya apabila kondisi pada if dan elif tidak terpenuhi, maka akan menggunakan statement yang ada pada else. Pada bagian statement, kita harus menambah 1 tab, jika tidak maka akan error.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh code dari penggunakan percabangan pada python.

nilai = 65

if nilai <= 50:
	print("Maaf Anda Tidak Memenuhi Nilai Minimum Remedial")
elif nilai > 50 and nilai < 70:
	print("Silahkan Lakukan Remedial, Untuk Memenuhi Kriteria")
else:
	print("Selamat Nilai Anda Memenuhi Kriteria")

Pada bagian ini admin akan jelaskan setiap bagian dari Contoh Code di atas. pertama admin membuat variable nilai dengan value 65. Jadi anggap saja admin memiliki nilai 65 dari suatu mata pelajaran .

Kemudian terdapat perintah if, pada perintah if ini terdapat sebuah kondisi, yaitu jika nilai <= 50, maka tampilkan “Maaf Anda Tidak Memenuhi Nilai Minimum Remedial”. Karena kita memiliki kondisi lain, maka kita menggunakan perintah ELIF dan BUKAN IF lagi. kenapa? karena ELIF sendiri merupakan kepanjangan dari ELSE IF, atau kondisi lainnya.

Pada bagian perintah ELIF sedikit berbeda dengan IF, pada perintah ini admin menuliskan 2 kondisi sekaligus menggunakan operator “and”. Sehingga kondisinya menjadi, jika nilai < 50 dan < 70, maka tampilkan “Silahkan Lakukan Remedial, Untuk Memenuhi Kriteria”.

Terakhir pada bagian perintah ELSE tidak memiliki kondisi, artinya jika value dari variable nilai tidak sesuai dengan kondisi IF dan ELSE IF, maka lakukan statement/aksi pada perintah ELSE.

Setelah itu, cobalah eksekusi code tersebut. Maka akan muncul statement dari perintah ELIF.

Sekian postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan pada kolom komentar.

~~Terima Kasih~~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *